4 Kiat Meningkatkan Kemampuan Matematika pada Anak

Jakarta – Matematika merupakan pelajaran yang kerap dianggap sulit oleh sebagian anak sehingga tak disukai. Padahal, ilmu matematika penting sebagai bekal anak dalam menyelesaikan hambatan serta menjalani aktivitas sehari-hari.

Jika Anda merupakan salah satu orangtua yang belum berhasil menghasilkan anak jatuh cinta pada matematika, dikutip dari Times of India, berikut beberapa tips yang mana bisa saja dijalankan agar kemampuan matematika anak meningkat.

1. Jadikan matematika hal yang digunakan menyenangkan

Gabungkan permainan, teka-teki, lalu aktivitas interaktif untuk menyebabkan matematika menyenangkan. Permainan papan seperti monopoli dan juga catur dapat membantu anak-anak mempraktikkan konsep matematika dengan cara yang menyenangkan. Ciptakan teka-teki matematika untuk dipecahkan oleh anak Anda. Ini mampu terdiri dari teka-teki sederhana, Sudoku, atau permainan asah otak. 

Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana matematika digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Libatkan merekan dalam aktivitas seperti mengukur komponen untuk menyebabkan kue, menghitung kembalian saat berbelanja, atau menghitung anggaran untuk liburan keluarga.

Dorong anak-anak untuk menghitung benda, mengelompokkan benda, dan juga mengidentifikasi pola selama waktu bermain. Membangun dengan balok atau bermain Lego dapat mengajarkan konsep spasial juga geometri.

2. Ajarkan dengan cara bercerita

Baca buku cerita yang mana memperkenalkan konsep matematika melalui bercerita. Anda juga dapat menceritakan kisah menarik tentang matematikawan hebat yang mungkin menyebabkan dapat memproduksi bersemangat untuk mempelajari lebih tinggi lanjut tentang subjek tersebut. Terkadang kisah-kisah tentang tokoh-tokoh hebat memacu anak-anak untuk mengikuti jalan mereka.

3. Bantu anak untuk banyak berlatih

Tetapkan rutinitas untuk latihan matematika harian, meskipun semata-mata dalam waktu singkat. Jika anak membenci matematika, jangan paksa dia mempelajarinya berjam-jam. Sebaliknya, dorong merek untuk belajar matematika dalam interval yang mana lebih besar singkat. Mintalah dia untuk beristirahat sejenak seperti membaca cerita, melukis atau bermain setelah setiap sesi matematika. 

Pastikan anak mengerjakannya secara teratur. Misalnya, luangkan waktu dua jam untuk mata pelajaran matematika setiap hari lalu berikan waktu 30 menit untuk merevisi apa yang telah lama dipelajari anak pada hari sebelumnya. Konsistensi dapat membangun kepercayaan diri lalu keterampilan seiring berjalannya waktu.

4. Apresiasi pencapaian anak

Berikan pujian serta apresiasi ketika anak menyebabkan kemajuan atau berhasil memecahkan hambatan matematika. Rayakan pencapaian mereka sekecil apa pun. Bersabarlah lalu suportif. Hindari menunjukkan rasa frustrasi jika anak kesulitan dengan konsep matematika. Dorong pola pikir berkembang dengan menekankan bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran.

Tips agar Anak Suka Matematika