Begini Cara Bayar Listrik Online Melalui BCA Mobile Pra Dan Pasca Bayar

BCA mobile merupakan sebuah layanan dari bank BCA yang berbasis mobile atau dapat dilakukan lewat smartphone, yaitu Anda dapat menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Playstore maupun Appstore. Namun pastikan Anda juga sudah terdaftar sebagai nasabahnya terlebih dahulu. Banyak fitur atau fasilitas yang nantinya akan mempermudah Anda, seperti bisa bayar listrik online juga lewat BCA mobile ini.

Pada dasarnya pembayaran listrik memang sudah menjadi kewajiban bulanan, apalagi listrik sendiri juga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat di zaman sekarang. Hampir semua hal dalam hidup membutuhkan listrik, bukan sekedar penerangan saja, melainkan kegiatan-kegiatan rumah tangga di zaman sekarang ini nyatanya banyak yang mengandalkan perangkat elektronik, sehingga hanya bisa bekerja dengan listrik. Tak heran juga jika seandainya tagihan listrik setiap orang juga terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Berbicara mengenai cara bayar listrik online lewat BCA mobile ini sendiri sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkahnya yang dapat Anda lakukan, yaitu :

Listrik prabayar :

  1. Buka aplikasi BCA mobile yang ada di smartphone Anda, pastikan sebelumnya sudah punya akun.
  2. Login dengan memakai ID serta password yang dimiliki.
  3. Anda dapat memilih menu m-commerce untuk kebutuhan pembelian listrik baik itu listrik maupun juga pulsa seluler.
  4. Anda dapat memilih nama perusahaan yaitu PLN.
  5. Setelah itu masukkan nomor ID pelanggan yang Anda miliki atau yang ingin dibayar, pastikan bahwa semua nomornya sama dan tidak ada yang kurang. Hal ini dapat membuat pembelian gagal, jadi harus dipastikan sama. Nantinya akan muncul pilihan nominal yang dapat Anda beli, sesuaikan saja dengan yang dibutuhkan.
  6. Lihat detail transaksi tersebut, apakah nominal kemudian nama pelanggan sudah sama atau belum. jika sudah sesuai maka tinggal pilih OK.
  7. Lanjut Anda akan dibawa untuk mengisi PIN untuk transaksi tersebut agar bisa diproses.
  8. Selesai jangan lupa untuk menyimpan buktinya.

Listrik pasca bayar :

  1. Bukan mobile banking BCA dan masuk dengan akun yang sudah dimiliki.
  2. Selanjutnya masuk ke menu m-payment, menu untuk menunjang berbagai macam pembayaran.
  3. Nantinya Anda akan menemukan opsi publik atau utilitas yang ada disana.
  4. Pada pembayaran listrik maka tinggal pilih saja PLN yang ada pada nama perusahaan.
  5. Selanjutnya masukkan nomor ID pelanggan yang Anda miliki.
  6. Setelah itu akan langsung muncul detail terkait dengan tagihan listrik tersebut, cek nama ID apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai maka Anda bisa lanjut untuk melakukan pembayaran.
  7. Masukkan PIN mobile banking BCA yang sesuai untuk proses pembayarannya.
  8. Tunggu hingga transaksi tersebut selesai dan simpan buktinya.

Tentu dengan adanya layanan pembayaran secara online banyak manfaat atau keuntungan yang dirasakan, yaitu :

  1. Praktis, pada dasarnya bayar mandiri secara online memang jadi solusi yang praktis untuk kewajiban tagihan bulanan semacam ini, karena tidak perlu repot kemana-mana cukup hanya dari rumah. Bahkan juga tidak butuh waktu lama, hanya beberapa menit saja sudah selesai.
  2. Tidak perlu antri, malasnya bayar secara langsung ataupun harus datang ke ATM terdekat adalah harus mau antri dengan yang lainnya. Padahal mungkin Anda sendiri juga tidak memiliki banyak waktu luang bukan solusinya bisa dengan pembayaran online.
  3. Hemat biaya, untuk setiap transaksinya tidak dikenai dengan biaya yang mahal, yaitu cukup dengan 3 ribu rupiah saja. Tentunya nominal, tersebut bisa dikatakan cukup terjangkau bukan dibandingkan harus keluar biaya transport dengan datang ke tempatnya langsung.
  4. Tidak ada istilah telat bayar listrik, karena pembayaran tagihan online ini nyatanya dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

Tentunya selain fitur untuk bayar listrik online, fitur lainnya juga ada di BCA mobile banking, mulai dari transaksional, administrasi sampai dengan cardless juga tersedia. Jadi jangan sampai terlewatkan, pastikan Anda menjadi bagian dari bank BCA tersebut untuk bisa menikmati semua layanan yang disediakan. Jika perlu selain mobile banking pastikan juga punya aplikasi myBCA.

Sumber informasi: https://www.bca.co.id/id/informasi/Edukatips/2022/09/29/06/23/cara-mudah-bayar-listrik-lewat-channel-e-banking-bca