Bekas Jerawat Susah Hilang? Begini Penjelasannya

Jakarta – Bekas jerawat bagi sebagain orang mengganggu penampilan lantaran susah dihilangkan sehingga wajah bukan terlihat bersih. Mengapa bekas jerawat susah hilang?

Dikutip dari Cleveland Clinic, bekas jerawat adalah akibat dari peradangan pada noda jerawat . Bekas jerawat mempunyai dua bentuk utama.

Pertama, bekas luka timbul saat ada jaringan yang tersebut hilang, sehingga mengakibatkan lekukan pada permukaan kulit. Kedua, timbul bekas luka menonjol di area permukaan kulit. Bekas jerawat jenis ini sebenarnya merupakan tanda bahwa kulit Anda berfungsi dengan baik, tetapi mungkin terlalu baik.

Kulit Anda menghasilkan kolagen untuk membantu menyembuhkan luka (jerawat). Namun apabila menghasilkan terlalu banyak kolagen, akan timbul bekas luka. Tetapi ingatlah, belaka dikarenakan Anda berjerawat, bukan berarti Anda akan mendapat bekas luka.

Jika Anda mengalaminya (satu dari lima orang yang mana berjerawat juga akan memiliki jaringan parut), kabar baiknya ialah tidaklah semua bekas jerawat bersifat permanen.

Beberapa perawatan hampir menghilangkan bekas luka, sementara yang dimaksud lain membantu kulit menyembuhkan dirinya sendiri dengan kolagennya sendiri.

Dilansir dari Kids Health, sering kali bekas jerawat kemerahan atau kecokelatan yang tertinggal setelah jerawat hilang akan memudar tanpa memerlukan pengobatan. Namun memencet jerawat bisa saja meningkatkan risiko timbulnya jaringan parut.

Pendekatan terbaik adalah segera mendapatkan pengobatan setelah jerawat muncul demi mencegah jerawat lebih lanjut parah lalu jaringan parut yang mana lebih tinggi banyak.

Karena bekas jerawat dapat terlihat seperti hukuman ganda. Pertama, Anda harus mengatasi jerawat, kemudian sekarang Anda punya bekas sebagai pengingat.

Dikutip dari Healthline, bekas jerawat tidaklah hilang dengan sendirinya. Bekas jerawat yang mana tertekan seringkali menjadi lebih banyak terlihat seiring bertambahnya usia oleh sebab itu kulit kehilangan kolagen.

Tetapi ada berbagai perawatan yang digunakan dapat memproduksi bekas jerawat tidaklah terlalu terlihat. Adapun hiperpigmentasi atau kemerahan pasca inflamasi bisa jadi hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Namun bagi sebagian orang, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk sembuh tanpa pengobatan. 

Simak Cara Menggunakan Obat Jerawat Totol dan juga Efek Sampingnya