Blu by BCA Digital Resmi Luncurkan Kartu Debit Fisik, Bisa Dipakai pada 90 Juta Merchant Seluruh Dunia

Jakarta – Bank digital bentukan BCA, blu by BCA Digital, resmi meluncurkan kartu debit fisiknya, pada hari ini, Selasa, 24 Oktober 2023. Head of Card and Personal Loan Business BCA Digital, Rainer Sutedja, berharap kartu debit ini dapat menjadi solusi keuangan yang digunakan inklusif bagi para nasabah. 

“Sejak blu diluncurkan, kami menerima banyak permintaan dari sobatblu (sebutan bagi nasabah blu) terkait adanya kartu fisik, yang dimaksud dapat memperkuat transaksi keuangan selain menggunakan QRIS ataupun transfer,” ujar Rainer dalam acara peluncuran bluDebit Card, dalam Senayan Park, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 3023. 

Rainer mengatakan bluDebit Card ini hadir untuk memenuhi permintaan tersebut, yang tersebut tentunya diikuti dengan peningkatan kenyamanan dan juga pengalaman pengguna. “Hari ini sudah launching juga bisa jadi di-apply oleh seluruh nasabah di tempat Indonesia,” tuturnya. 

Lebih lanjut, kata Rainer, bluDebit Card dapat digunakan di dalam seluruh EDC kemudian ATM yang digunakan terkoneksi dengan Alto/Prima untuk pemakaian di tempat dalam negeri. “Kartu ini juga didukung oleh Mastercard, memberikan nasabah akses ke jaringan penerimaan global Mastercard yang mencakup lebih lanjut dari 90 jt merchant di tempat seluruh dunia,” tuturnya. 

Adapun bluDebit Card ini merupakan kartu fisik pertama dari bank digital yang didesain lalu diproduksi dari daur ulang sampah plastik. “Hal ini sejalan dengan komitmen sustainability initiative sesuai pedoman ESG (Environment, Social, and Government) yang digunakan dijalankan oleh blu by BCA Digital,” kata Rainer. 

Kartu bluDebit Card saat ini mampu dimiliki oleh seluruh nasabah blu atau sobatblu dengan cara melakukan pengajuan pembuatan kartu melalui aplikasi blu. Sobatblu mampu memilih menu “Kartu” serta mengikuti ketentuan yang mana berlaku.

Dalam peluncuran itu, Rainer turut menjelaskan keunggulan yang mana dimiliki bluDebit Card. Pertama, kartu ini didesain dengan sederhana lalu terbuat dari daur ulang sampah plastik. Kedua, pada kartu debit ini semata-mata akan tercantum nomor kartu lalu nama pemilik dalam bagian belakang kartu saja, sedangkan informasi terkait tanggal masa berlaku serta nomor CVC hanya saja dapat diakses oleh sobatblu melalui aplikasi.

Selanjutnya, atau ketiga, nasabah dapat mengatur limit kartu di dalam total tertentu, kemudian akan mendapatkan notifikasi jika transaksi sudah melebihi limit tersebut. Keempat, bluDebit Card menerapkan sistem contactless untuk kemudahan dalam berbelanja ataupun melakukan pembayaran di tempat luar negeri, di area mana para nasabah belaka perlu mendekatkan kartu ke mesin EDC/POS agar transaksi berjalan cepat, aman serta nyaman. 

Kemudian, apabila nasabah kehilangan bluDebit Card atau terdeteksi fraud, para nasabah semata-mata perlu melakukan pemblokiran melalui aplikasi blu agar kartu bukan disalahgunakan oleh orang yang tersebut menemukan.

Dukung Penurunan Emisi Karbon, BCA Beli 71.500 ton CO2