Cara Menggunakan Resolusi 48MP pada Kamera Seri iPhone 15

Jakarta – Seri iPhone 15 terbaru dari Apple dilengkapi dengan sensor kamera utama 48MP. Ini merupakan peningkatan besar dibandingkan sensor 12MP generasi sebelumnya yang digunakan biasa ditawarkan Apple.

Dikutip dari Gadgets Now, kelebihan terbesarnya adalah resolusi default 24MP, tak 12MP seperti yang dimaksud ditawarkan OEM Android. Meski demikian, ada opsi pada seri iPhone baru yang mana memungkinkan pengguna memanfaatkan resolusi penuh 48MP baru untuk menghasilkan foto yang tambahan tajam serta detail.

Selain iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, lalu iPhone 15 Pro Max, iPhone 14 Pro juga iPhone 14 Pro Max juga dapat memotret pada resolusi 48MP. iPhone 15 dan juga iPhone 15 Plus mengupayakan foto JPEG Max (48MP), sedangkan iPhone 15 Pro kemudian iPhone 15 Pro Max membantu foto 48MP JPEG, HEIF Max 48MP, dan juga ProRAW.

Cara mengaktifkan mode 48MP

– Buka aplikasi Settings, pilih opsi Camera lalu Format

– Aktifkan opsi ProRAW & Kontrol Resolusi (ini akan menjadi satu-satunya opsi pada iPhone 15 serta iPhone 15 Plus)

– Pilih HEIF di area iPhone 14 Pro/ Pro Max dan juga iPhone 15 Pro serta Pro Max. Ada juga opsi ProRAW Max

– Buka aplikasi Camera lalu periksa apakah terdapat opsi HEIF Mac atau RAW Max dalam aplikasi pada sudut kanan atas. Jika terdapat opsi tersebut, ketuk tombol shutter.

Perlu diperhatikan bahwa ukuran foto akan relatif lebih banyak besar pada resolusi 48MP, yakni berkisar sekitar 100MB per foto. Ada mode HEIF 48MP yang mana menghasilkan foto dalam 48MP dalam ukuran kurang dari 5MB. Pengguna mungkin tidaklah selalu mengambil foto dalam format ini dikarenakan kompatibilitasnya yang digunakan lebih lanjut terbatas.

5 Perbedaan iPhone 15 Pro juga iPhone 15 Pro Max