Dorong Perbaikan Iklim Investasi, Kamar Dagang AS Gelar US-Indonesia Investment Summit 11

Jakarta – Kamar Dagang Amerika Serikat di tempat Indonesia atau AmCham Indonesia lalu Kamar Dagang AS menyelenggarakan acara tahunan US-Indonesia Investment Summit ke-11 pada Selasa, 24 Oktober 2023. Acara ini mengusung tema “Mapping the Legacy, Navigating the Culture”.

US-Indonesia Investment Summit mendiskusikan usulan agar pemerintah berikutnya dapat menggalang upaya reformasi ekonomi yang dimaksud sudah diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini dijalani untuk memperbaiki iklim penanaman modal di area Indonesia.

“Banyak yang mana sudah pernah dicapai selama sepuluhan tahun terakhir. Akan tetapi masih banyak yang mana harus dilaksanakan apabila Indonesia ingin mencapai tujuan-tujuannya yang mana ambisius serta menghindari middle income trap,” kata Managing Director AmCham Indonesia, A. Lin Neumann dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 24 Oktober 2023. 

Di sisi lain, Executive Director US Chamber of Commerce John Goyer mengapresiasi peran Indonesia pada presidensi G20 Indonesia kemudian keketuaan ASEAN tahun ini. Menurutnya, hal ini telah terjadi menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara kuat yang harus diperhitungkan.

Menurut John, AS konsisten menjadi salah satu pemodal asing terbesar dalam Indonesia. Ia juga menyebut penanaman modal sektor swasta AS di tempat Indonesia terus meningkat. “US Chamber of Commerce berharap dapat melanjutkan perannya sebagai advokat kegiatan bisnis dalam hubungan AS-Indonesia. Hubungan yang membantu mengupayakan kemakmuran lalu usaha bebas di area seluruh kawasan Indo-Pasifik,” kata John. 

Dalam kegiatan ini, Amcham Indonesia dan juga US Chamber of Commerce merilis laporan yang berjudul “Progress and Greater Promise Ahead” yang digunakan mengusulkan beberapa rekomendasi pada dunia penanaman modal kemudian bisnis antara AS-RI yaitu:

  • Penyederhanaan birokrasi 
  • Penyederhanaan prosedur pajak
  • Peninjauan kembali tindakan pembatasan perdagangan
  • Pengembangan lingkungan kegiatan ekonomi digital yang dimaksud kondusif
  • Keterlibatan dunia usaha dalam dialog yang tersebut produktif
  • Memperdalam reformasi pendidikan

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y. Kim, bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan juga tiga calon presiden yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, lalu Prabowo Subianto. Tiga calon presiden menyampaikan gagasannya dalam membangun Indonesia ke depan. 

Kenaikan Upah Minimum 2024, Kadin: Kami Masih Menunggu Revisi PP Pengupahan