Lakukan Hal Ini Agar Anti Penolakan Ketika Klaim Asuransi Allianz

Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya terproteksi menggunakan asuransi, apalagi sekarang harga premi bukan lagi alasan untuk tidak membeli asuransi. Mengingat ada banyak perusahaan yang menawarkan produk dengan premi yang murah, mulai dari puluhan ribu rupiah perbulannya juga ada.

Seperti diantaranya dari Allianz yang juga sudah menawarkan inovasi terbaru yaitu asuransi digital atau online. Klaim asuransi Allianz sendiri juga mudah karena selain bisa dilakukan secara langsung, sebenarnya Anda juga dapat melakukan klaim online.

Hidup di zaman sekarang memang tidak cukup hanya dengan menabung, karena dengan menabung saja tidak bisa menjaga stabilitas kondisi keuangan agar tetap aman, tetap ada banyak resiko-resiko yang bisa terjadi, termasuk diantaranya adalah kemungkinan jatuh bangkrut disebabkan oleh hal-hal yang tidak terprediksi, misalnya adalah kecelakaan ataupun juga disebabkan karena jatuh sakit. Hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang, namun juga tidak dapat dihindari.

Sebenarnya tetap ada dua macam kemungkinan yang terjadi ketika Anda mengajukan klaim asuransi Allianz ini, diantaranya adalah klaim bisa saja diterima, namun juga bisa saja ditolak. Lalu bagaimana jika seandainya klaim ditolak? ini yang dapat dilakukan, yaitu :

  1. Cari tahu penyebab penolakan klaim tersebut, biasanya secara otomatis pihak asuransi ini pasti akan memberikan alasan mengapa mereka menolak permintaan pengajuan klaim tersebut. Dimana faktor penolakan klaim juga ada banyak, diantaranya adalah :
  • Polis tidak aktif, polis lapse adalah kondisi ketika perusahaan menonaktifkan polis asuransi milik nasabah mereka. Kondisi yang umumnya sering terjadi. Namun juga patut untuk diketahui bahwa kondisi polis yang tidak aktif ini bisa disebabkan kesalahan nasabah sendiri, diantaranya adalah karena tidak melakukan kewajiban dalam pembayaran preminya, sudah menunggak selama beberapa bulan bahkan mungkin juga lebih.
  • Dokumen tidak lengkap, klaim juga akan ditolak oleh perusahaan asuransi ketika dokumen yang mereka jadikan sebagai persyaratan tidak Anda lengkap. Karena perusahaan meminta sejumlah dokumen ini untuk dijadikan sebagai bahan verifikasi, serta memastikan layak atau tidaknya dikabulkan permintaan dalam mengajukan klaim tersebut. Jika seandainya ada yang kurang maka bisa jadi penyebab klaim Anda ditolak.
  • Klaim yang dimaksud tidak termasuk dalam klausal perlindungan asuransi, tidak semua hal akan diproteksi oleh asuransi, sebut saja untuk asuransi jiwa, jika seandainya Anda mengajukan klaim pada kematian yang disebabkan oleh bunuh diri atau hukuman mati, ini tidak termasuk dalam poin perlindungan dari asuransi. Sehingga sekalipun diajukan klaim sudah pasti akan ditolak.
  • Sedang ada dalam masa tunggu, produk asuransi kesehatan misalnya yang memiliki masa tunggu, masing-masing kategori penyakit akan diberikan masa tunggu, jika klaim dilakukan pada saat masa tunggu tentunya juga akan ditolak.
  1. Perbaiki jika ada yang kurang, jika ternyata penyebab penolakan klaim ini disebabkan oleh dokumen yang tidak lengkap, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan waktu bagi Anda untuk melengkapi kekurangan tersebut. Jadi kemungkinan besar setelah kekurangan dilengkapi maka klaim akan dikabulkan. Namun jika seandainya penolakan disebabkan oleh polis tidak aktif, klaim tidak termasuk proteksi maka sudah pasti tidak dapat diperbaiki.

Prosedur klaim asuransi Allianz mudah, jika seandainya Anda melengkapinya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku maka sudah pasti akan diterima. Pastikan juga untuk menjadi nasabah yang disiplin di dalam membayar kewajiban atas premi setiap bulannya. Jadi jangan ragu beli produk Allianz sekarang juga.