Lima kiat mendapatkan jepretan profesional berbekal kamera ponsel

Kabupaten Karanganyar – Teknologi yang tersebut digunakan disematkan pada kamera ponsel akhir-akhir ini menyebabkan kualitas foto yang dimaksud dimaksud dihasilkan tak kalah dengan kamera profesional.

Jurnalis foto senior Beawiharta, saat lokakarya bersama Xiaomi Indonesia dalam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (23/10) menilai ponsel, terutama Xiaomi 13T yang tersebut digunakan didukung teknologi Leica, sudah menyediakan mode pro.

"Ini kamera, bukan sekadar ponsel," kata Beawiharta.

Untuk menghasilkan foto layaknya menggunakan kamera profesional, dia menilai ada beberapa hal yang digunakan harus diperhatikan ketika berfoto dengan ponsel.

1. Perlakukan sebagai kamera
Meskipun bentuknya secara fisik adalah kamera yang digunakan mana disematkan pada ponsel, Beawiharta menyarankan pengguna untuk memperlakukannya sebagai kamera, bukan ponsel.

Oleh dikarenakan itu, menguasai teknis kamera sebelum berfoto adalah penting. Misalnya, pastikan mengetahui lensa apa belaka yang tersebut itu disediakan juga menggunakan lensa itu sesuai fungsinya.

Gridline atau garis panduan pada ponsel Xiaomi 13T (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

2. Gunakan gridline sebagai panduan
Gridline atau garis horizontal serta juga vertikal yang tersebut hal tersebut ada pada layar kamera berfungsi untuk memandu menempatkan objek yang mana difoto.

Jika pernah merasa terganggu ketika melihat sebuah foto, menurut Beawiharta mampu jadi jadi sebab penempatan garis vertikal atau horizontal tidaklah sesuai dengan kelaziman.

Misalnya, memotret pohon, namun, miring. Hasil foto dapat jadi sekadar tiada bagus akibat pohon dalam kehidupan sehari-hari berbentuk vertikal.

Agar objek sesuai dengan gridline, fotografer perlu menyesuaikan posisi pengambilan gambar, termasuk mengubah posisi ponsel.

3. Observasi sebelum memotret
Sebelum mulai memotret objek dengan kamera, observasi keadaan dalam tempat sekitar supaya dapat menentukan sudut terbaik pengambilan foto. Misalnya, ketika objek dirasa terlalu jauh, fotografer sanggup jadi mendekat maju. 

Observasi juga penting untuk mengurangi hal-hal yang dimaksud yang tidaklah perlu masuk ke dalam bingkai.

 

Xiaomi mengembangkan kamera bersama Leica untuk ponsel Xiaomi 13T. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

4. Gunakan mode pro atau potret
Untuk hasil terbaik, gunakan mode pro atau potret supaya hasil foto menjadi lebih banyak lanjut tajam.

5. Mengefektifkan tampilan visual
Mengefektifkan tampilan visual berarti tidaklah menampilkan hal-hal yang mana mana bukan perlu ke dalam bingkai. Agar tampilan visual efektif, maka fotografer perlu melihat komposisi.

"Komposisi adalah hal penting dalam fotografi untuk menghasilkan tampilan menjadi efektif juga enak dilihat," kata Beawiharta.

Dia mengingatkan bukan semua hal harus masuk ke dalam bingkai agar tampilan visual efektif. Jika perlu, ambil dua foto berbeda untuk menonjolkan objek yang dimaksud digunakan difoto.