Mengenal Visi Misi Pendidikan Ganjar-Mahfud: 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana

Jakarta – Pasangan calon presiden serta duta presiden Ganjar Pranowo juga Mahfud MD mempunyai visi bertajuk ‘Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang tersebut Adil lalu Lestari’. Untuk mewujudkannya, pasangan calon berjuluk Gama ini punya delapan misi.

Salah satu misinya adalah tentang percepatan pengerjaan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, kemudian berkepribadian. Dari misi ini juga, terdapat lima program utama yang akan dijalankan. Mulai dari kesehatan jiwa serta raga, lembaga pendidikan berkualitas kemudian merata, negara hadir kemudian perlindungan sosial adaptif, budaya maju kemudian suportif, serta perempuan maju lalu anak sejahtera.

Dari setiap program tersebut, terdapat berbagai program kerja yang dimaksud akan dilakukan. Misalnya pada jadwal sekolah berkualitas dan juga merata, ada empat program kerja utama. Salah satunya adalah satu keluarga miskin, satu sarjana.

Pada dokumen visi misi yang tersebut dirilis melalui laman visimisiganjarmahfud.id, program kerja hal itu dibuat untuk menjamin agar setiap keluarga memiliki minimal satu anak yang mana bersekolah hingga jenjang institusi belajar sarjana guna memutus rantai kemiskinan.

“Satu keluarga miskin, satu sarjana meyakinkan setiap keluarga miskin menyekolahkan minimal satu anaknya hingga sarjana untuk memutus rantai kemiskinan,” tulis keterangan pada dokumen itu.

Selain itu, ada juga program kerja wajib belajar 12 tahun gratis. Dalam dokumen hal itu dijelaskan bahwa perubahan fundamental sekolah termasuk penyelenggaraan tele-education bagi anak Indonesia secara merata, berkualitas, kemudian produktif di tempat sekolah negeri swasta yang tersebut memenuhi persyaratan bantuan dari pemerintah, termasuk bagi santri dan juga pesantren.

Di bidang sekolah lain, Ganjar – Mahfud juga menjanjikan kesejahteraan tenaga pendidik, dari guru hingga dosen, melalui program guru serta dosen sejahtera, berkualitas, serta kompeten sejajar negara maju. Pasangan yang mana diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan juga Hanura ini ingin agar pendapatan guru lalu dosen meningkat agar bisa jadi sejahtera.

“Pendapatan guru lalu dosen harus meningkat lalu harus sejahtera, melalui penyempurnaan sertifikasi guru dan juga dosen secara lebih besar sederhana,” tulis keterangan pada dokumen itu.

Lebih lanjut, ada integrasi lembaga pendidikan dan juga pelatihan vokasi dengan dunia usaha. Program kerja ini akan diimplementasikan dengan menyambungkan kurikulum institusi belajar  dengan kebutuhan dunia usaha.

“Menyambungkan kebutuhan dunia bisnis dengan kurikulum pendidikan, pelatihan disertai dengan dukungan pemagangan yang digunakan nyata terhadap sekolah vokasi,” tulisnya.

Misi Utama Ganjar – Mahfud

Program kerja satu keluarga miskin satu sarjana yang disebut termasuk dalam rencana dari misi poin pertama yakni mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang tersebut berkualitas, produktif, lalu berkepribadian. Adapun poin-poin utama dari misi yang mana diusung Ganjar – Mahfud adalah sebagai berikut:

1. Mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang mana berkualitas, produktif, lalu berkepribadian.

2. Mempercepat penguasaan sains juga teknologi melalui percepatan riset lalu inovasi (R&I) berdikari.

3. Mempercepat pembangunan kegiatan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan juga nilai tambah.

4. Mempercepat pembagian merata perkembangan ekonomi.

5. Mempercepat perkembangan sistem digital nasional.

6. Mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui perekonomian hijau kemudian biru.

7. Mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan hak asasi manusia (HAM), supremasi Hukum yang digunakan berkeadilan, lalu keamanan yang digunakan profesional.

8. Mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang dimaksud lebih besar berkeadilan melalui kebijakan pemerintah luar negeri bebas berpartisipasi juga memperkuat pertahanan negara.

RADEN PUTRI