Menguji coba Chery Omoda 5 EV juga mengenal “dalemannya”

Jakarta – Setelah mengenalkannya di tempat tempat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus lalu, Chery International mengajak beberapa awak media–termasuk ANTARA–untuk menguji coba kendara mobil listrik Chery Omoda 5 EV langsung pada depan dapur produksi atau pabrik Chery di Wuhu, China pekan ini.

Meski baru dikenalkan beberapa bulan lalu, Chery Omoda 5 EV kabarnya mendapatkan respons konsumen yang cukup baik, dengan ratusan konsumen mengantre untuk membelinya meskipun harganya belum secara resmi diumumkan.

Dari segi tampilan, memang kendaraan ramah lingkungan ini tak miliki banyak perbedaan dari luar maupun dalam dibandingkan dengan varian yang digunakan itu menggunakan mesin bensin yang tersebut digunakan ada dalam tempat Indonesia maupun global.

Hanya saja, terdapat beberapa hal yang dimaksud mana menyebabkan para pemiliknya nanti harus beradaptasi ulang dengan berbagai komponen utama, seperti konsol atau tuas transmisi yang tersebut mana sekarang tiada lagi terlihat di dalam dalam konsol samping kursi kemudi.

OMODA 5 ev yang digunakan akan datang meluncur di area dalam Indonesia. (ANTARA/Chairul Rohman)

Lalu, ke mana perginya konsol atau tuas transmisi dari kendaraan OMODA 5 elektrik ini? Sebagaimana Hyundai dengan Ioniq-nya, Chery mengganti lalu memindahkan tuas transmisi dengan stik yang dimaksud digunakan ditempatkan di dalam area sebelah kanan roda kemudi–layaknya tuas wipper.

Pada mobil-mobil konvensional yang tersebut digunakan beredar dalam Indonesia selama ini, tempat tuas stik itu biasanya merupakan tempat tuas pengatur lampu sein, dengan menggeser naik untuk sein kiri serta turun untuk sein kanan.

Pada Omoda 5 EV, konsol tengah justru digunakan untuk tombol pengaturan air conditioner (AC), lalu ada dual cup holder untuk menaruh minuman lalu juga fungsi lainnya.

Untuk pengoperasian tuas transmisi Omoda 5 EV ini cukup mudah, tak sesulit yang digunakan yang Anda bayangkan, sehingga semua orang akan dengan cepat beradaptasi. Pengguna yang dimaksud nantinya mempunyai kendaraan ini semata-mata sekali cukup menekan stik untuk memindahkan transmisi yang terdiri dari mode R, N, D, kemudian juga P.

Untuk menggunakan mode P, konsumen atau pemilik belaka sekali butuh menekan tombol yang digunakan berada pada ujung stik tersebut. Sehingga, itu akan tambahan memudahkan para penggunanya dalam menjalankan atau menghentikan kendaraannya.

Tidak semata-mata konsol atau tuas transmisi, Omoda 5 EV ini juga mengusung head unit dengan desain berbeda. Pada mobil ini, terlihat sekali tampilan layar dual screen yang digunakan mana begitu luas yakni 20.5 inici sehingga dapat memanjakan penggunanya.

“Iya, kalau yang dimiliki Omoda 5 GT itu lebih lanjut banyak datar, kalau yang mana yang disebut ini (Omoda 5 EV) bentuknya lebih tinggi lanjut curve,” kata Head of PR PT CSI, Mohammad Ilham Pratama beberapa waktu yang yang disebut lalu.

  • 1
  • 2
  • 3