Pertamina bagi 148 paket alat konversi BBG untuk nelayan dalam Palembang
Program ditujukan untuk nelayan sasaran serta tidaklah dipungut biaya apapun, harapannya bantuan yang mana yang disebut sudah diberikan tidaklah diperjualbelikan kembali

Palembang, Sumsel – PT Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) membagikan 148 paket alat konversi material bakar minyak (BBM) ke material bakar gas (BBG) untuk nelayan pada Desa Pulo Kerto, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Area Manager Communication, Relation, and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan di area dalam Palembang, Sumsel, Selasa, mengatakan pihaknya akan terus menggalang program pemerintah termasuk konversi BBM ke BBG bagi nelayan yang mana dimaksud membutuhkan.

Ia menjelaskan konversi BBM ke BBG dikerjakan dalam dalam Desa Pulo Kerto, yang tersebut mata pencaharian utama masyarakatnya adalah sebagai nelayan.

Hal itu dijalani guna memperkuat ketahanan energi, penyediaan energi alternatif yang mana mana ramah lingkungan, kemudian menyokong perekonomian masyarakat.

"Sepanjang tahun 2018 hingga 2023, Pertamina sudah pernah memberikan sebanyak 1.024 paket untuk nelayan sasaran pada dalam Palembang," kata dia.

Sementara itu, perwakilan dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Jefri Nainggolan mengatakan program itu sesuai Perpres Nomor 5 Tahun 2006 tentang Upaya Pemerintah Meningkatkan Penggunaan Energi Ramah Lingkungan dan/untuk Mengurangi Polusi Udara juga Pencemaran Lingkungan.

Tujuan program konversi BBM ke BBG untuk meningkatkan pendapatan serta taraf hidup rakyat nelayan khususnya di tempat dalam Kota Palembang.

"Program ditujukan untuk nelayan sasaran serta tiada dipungut biaya apapun, harapannya bantuan yang digunakan sudah diberikan tak diperjualbelikan kembali," ujarnya.

Yazid, salah satu nelayan pada Desa Pulo Kerto yang digunakan menerima bantuan tersebut, merasa bersyukur mendapat bantuan paket konversi BBM ke BBG.

"Kami sangat bersyukur, sebab bantuan ini dapat meringankan. Biasanya, kami untuk menuju ke Ampera sekadar menghabiskan BBM sekitar 5-6 liter setelah diganti dengan BBG ini cukup satu tabung untuk pulang pergi," ujarnya.