Proteksi Diri Dan Keluarga Melalui Jenis Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi jiwa syariah adalah perlindungan jiwa yang diberikan menggunakan prinsip Islam dengan perlindungan untuk saling menolong sesama peserta dengan pembayaran terhadap kerugian melalui santunan dari iuran yang dikumpulkan oleh peserta. Manfaat perlindungan jiwa syariah dengan adanya surplus underwriting yang diperoleh dari selisih antara total kontribusi tabarru yang dikurangi dengan pembayaran klaim, cadangan teknis, dan kontribusi reasuransi. Surplus underwriting akan dialokasikan ke beberapa tempat yaitu dana tabarru, perusahaan asuransi dan pemegang polis. Jika mengalami defisit underwriting maka perusahaan akan menggunakan akad qardh dimana pemberian pinjaman tanpa menetapkan bunga yang disalurkan pada tabarru sebagai sumber untuk mendapatkan klaim.

Dalam perlindungan jiwa terdapat jenis takaful keluarga yang memberikan perlindungan untuk keluarga dengan layanan kumpulan dan individual. Takafulink dimana keluarga akan mendapatkan penawaran investasi yang optimal dengan dua pilihan investasi yaitu :

  • Takaful dana istiqomah yang memberikan cara investasi dengan risiko yang aman dan hasil stabil yang ditempatkan pada pendapatan tetap.
  • Takaful dana mizan yang menggunakan pengoptimalan dan risiko moderat dengan pilihan dana penempatan untuk saham dan pendapatan tetap.

Takafulink memberikan manfaat hingga peserta panjang umur pada akhir perjanjian yang memberikan manfaat penerima seluruh dana investasi dan jika tertanggung meninggal dunia maka ahli waris akan mendapatkan dana santunan beserta seluruh dana investasi. Manfaat asuransi jenis takafulink akan memberikan dana santunan dengan menambahkan program dari asuransi kesehatan atau kecelakaan diri yang menyebabkan risiko tertanggung meninggal dunia. Dalam takafulink memberikan fleksibilitas dalam pengalihan investasi setelah satu tahun masuk dalam peserta polis dan fleksibel dalam melakukan penarikan dana dengan ketentuan minimum penarikan dan minimum dana tersisa adalah Rp1 juta.

Terdapat juga jenis asuransi jiwa syariah takaful fatah dengan produk asuransi yang memberikan manfaat secara menyeluruh kepada peserta. Berikut adalah manfaat dari jenis takaful fatah :

  • Memberikan perlindungan terhadap Al-Khairat, kecelakaan diri, cacat tetap total, santunan harian rawat inap, santunan penyakit khusus dan nilai tunai.
  • Memberikan kebebasan kepada peserta dalam memilih perlindungan sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Memberikan bagi hasil dari 80% investasi di masing-masing rekening tabungan peserta.
  • Memberikan waktu pembayaran premi secara tahunan.
  • Jika ingin mendapat manfaat sebaiknya mendaftar saat tubuh masih dalam keadaan sehat.

Perlindungan jiwa asuransi syariah memiliki jenis asuransi takaful dana investasi yang memberikan peserta dana keuntungan atas investasi melalui rekening tabungan peserta. Apabila peserta mengundurkan diri maka peserta tetap akan memperoleh dana rekening serta keuntungan investasi dan bila peserta meninggal dunia maka penerima manfaat akan mendapatkan keuntungan dana rekening, keuntungan investasi dan selisih manfaat dari kontribusi premi yang dibayarkan. Takaful dana haji yang membantu peserta untuk mengumpulkan dana ibadah haji. Manfaat yang diberikan pada akhir perjanjian adalah dana rekening dan bagi keuntungan hasil investasi. Sekalipun peserta meninggal dunia ketika polis asuransi aktif dan peserta mengundurkan diri akan tetap memperoleh manfaat yang sama.

Salah satu produk perlindungan jiwa terbaik dari I Love Life dari Astra adalah Flexi Life Syariah yang memberikan keunggulan sebagai berikut :

  • Tertanggung akan mendapatkan perlindungan hingga Rp 2 miliar tanpa melakukan pemeriksaan kesehatan.
  • Kontrak asuransi akan langsung diperbaharui dengan mudah tanpa harus melakukan pendaftaran ulang di kantor asuransi.
  • Proses online memberikan efisiensi sehingga peserta akan dimudahkan dalam melakukan pendaftaran, pembayaran dan klaim.

Manfaat dalam asuransi jiwa syariah I Love Life adalah manfaat meninggal dunia dengan santunan 100% dan manfaat meninggal dunia jika peserta meninggal karena kecelakaan. Maksimum manfaat meninggal dunia dalam polis asuransi syariah yang disebabkan oleh kecelakaan adalah Rp 10 miliar. Jika usia masuk 18 hingga 45 tahun akan mendapatkan maksimum Rp 2 miliar, usia masuk 46 hingga 55 tahun akan mendapat maksimum Rp1 miliar, dan usia 56 hingga 60 tahun akan mendapat maksimum Rp 500 juta. Masa asuransi flexi life syariah adalah 1 tahun dengan biaya premi dibayarkan selama polis berlaku dengan alokasi kontribusi untuk iuran tabarru 50% dan ujrah asuransi 50%. Anda dapat melakukan klaim melalui My Astra secara mobile dan jika gagal maka Anda tidak memenuhi ketentuan polis atau kondisi yang dialami termasuk dalam pengecualian.