Xiaomi Indonesia: Adaptasi 5G tetap pada dalam tangan konsumen

Kabupaten Sukoharjo – Menyikapi pangsa pasar ponsel 5G yang digunakan mana turun pada area Indonesia, Xiaomi menilai keputusan adaptasi teknologi yang digunakan disebut tetap berada di tempat dalam tangan konsumen.

"Kami sebagai produsen ponsel menyediakan platform, teknologi untuk sanggup itu (5G). Jadi, nanti pilihan penggunaan, pilihan adaptasi, balik lagi ke tangan pengguna," kata Manajer Pemasaran Produk Xiaomi Indonesia Calvin Nobel kepada ANTARA di area tempat Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa.

Firma riset industri International Data Corporation (IDC) menemukan pangsa ponsel 5G mengecil 4,3 persen secara year-over-year pada kuartal II 2023, meskipun teknologi jaringan radio yang dimaksud sudah merambah ke gawai kelas entry-level. IDC melihat adopsi 5G di area area Indonesia tergolong lambat, ditandai dengan jangkauan jaringan itu yang tersebut mana masih terbatas.

Adopsi 5G, menurut IDC, mengalami tantangan dari sisi permintaan lalu persediaan.

Meski dari segi pengapalan pangsa pasar ponsel 5G menurun, perkembangan teknologi hal itu tidak ada ada terelakkan. Calvin melihat jika tak ada ada produsen yang tersebut menyebabkan ponsel 5G, maka tiada ada ada yang mana dimaksud mengembangkan segmen tersebut.

Perkembangan teknologi juga yang dimaksud dimaksud menyebabkan Xiaomi menyediakan pilihan 5G untuk kelas high-end, menengah serta juga bahkan entry-level.

Soal menyediakan ponsel 5G, menurut Calvin, bukan melulu perihal peminat, tapi, lantaran 5G merupakan perkembangan teknologi.

"Chipset yang tersebut yang membantu 5G banyak. Tentunya kalau chipset berkembang, teknologi lain akan mengikuti," kata Calvin.

Pangsa pasar ponsel 5G menurut data IDC masih lebih tinggi tinggi kecil dibandingkan ponsel 4G, yang mana mana berada pada nomor 86 persen pada kuartal II 2023. Meski tarif ponsel 5G semakin terjangkau, IDC menilai ponsel 4G seringkali menawarkan spesifikasi yang mana terpencil lebih lanjut tinggi baik dengan nilai tukar yang itu mirip.